Kejujuran

Pada saat baru saja masuk beberapa bulan di warnet ini. Dulu aku pernah ditawarkan oleh sepupuku untuk melamar di Departemen Pajak (Bea Cukai). “Gaji besar, daripada kamu terus-terusan nongkrongin warnet”, katanya. Aku cek di websitenya, ternyata disitu disediakan form online untuk melamar. Tetapi entah kenapa, aku amat sangat tidak tertarik untuk melamar ke sana.

 

Bagiku, masuk ke dalam pemerintahan dan menjadi bagian dalam sistem pemerintahan hanya akan menambah dosa. Terlebih kakakku dulu yang pernah magang di Bag. Perpajakan selama 1 tahun mengatakan kalau di kantor besar seperti itu juga masih dapat terjadi korupsi. Dia sempat menemukan beberapa amplop (berisi uang) terselip dalam berkas map pembayar pajak. Dia akhirnya keluar/berhenti dari sana, dan lebih ingin meneruskan kuliahnya ke jenjang S1 daripada memakan gaji haram.

 

Aku yang hampir 2 tahun bekerja disini, hanya bermodalkan otak lulusan D1 yang boleh dikatakan cukup mahir mengoperasikan Visual Basic 6.0. Saat kuliah aku juga sempat belajar Corel Draw dan Photoshop. Dari sinilah aku mulai mencoba kreasi digitalku, karena aku semenjak SMU hanya memanfaatkan sisi kreatifku langsung ke tembok (grafiti).

 

Ternyata keahlian digitalku ini membawa manfaat yang sangat banyak. Hingga berujung di warnet ini yang dahulu masih pakai OS Windows. Para pelanggan yang kesini, selain menyewa jasa internet. Rata-rata banyak yang ingin memanipulasi Surat-surat Resmi. Sebagai contoh, aku telah memanipulasi/mengubah isi/form di KTP, SKCK, STNK dan banyak surat resmi lainnya. Sampai-sampai Ijazah S1 yang berisikan nilai IP (Indeks Prestasi) kecil bisa aku rubah sampai mendekati angka 4,0.

 

Aku pada saat itu hanya memikirkan predikatku disini sebagai pekerja. Dan kerjaan itu (memanipulasi dokumen) adalah hal biasa. Tetapi, lama kelamaan, makin banyak pelanggan yang memintaku. Hampir tiap hari, ada saja yang kesini untuk Scan (istilah mereka), padahal aku bisa jadi adalah seorang kriminal. Warnetku pun makin terkenal. Setiap datang pelanggan kesini, selalu dia katakan, bahwa banyak orang yang merekomendasikan ke warnetku jika ingin memanipulasi dokumen resmi. Wahh, aku mulai resah, bagaimana kalau ketahuan??? Tapi aku tetap teruskan pekerjaan ini.

 

Hingga pada saat ada utusan dari Polsek yang merazia warnetku. Ternyata bos-ku tidak memasang OS asli Windows. Nah, saat itulah ada seorang pelanggan yang menawarkan OS LINUX. Lalu digantilah warnetku menjadi warnet LINUX dengan distro Ubuntu 8.04 (Hardy Heron). Aku sangat bingung dan awam sekali mengenai OS LINUX. Dan selama setahun terakhir inilah aku belajar apa itu LINUX. Yang tentu saja tidak ada program Photoshop-nya.

 

Para pelanggan yang tadinya sering manipulasi data, mulai kutolak permintaannya. Karena sekarang, warnetku sudah berganti OS. Dan akupun sedikit demi sedikit sadar bahwa pekerjaan (memanipulasi dokumen) itu bukan pekerjaan yang sebaiknya aku lakukan. Karena masih banyak hal lain yang dapat dikerjakan di warnet ini yang bermanfaat bagiku.

 

Tapi anehnya, masih saja banyak yang ke warnet. Berniat memanipulasi Ijazah Resmi, KTP, SKCK, Akte Kelahiran dan Surat-surat Resmi lainnya. Terlebih lagi, saat-saat sekarang sedang ramai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tapi aku tetap saja menolak permintaan itu, toh OS LINUX tak mendukung untuk memanipulasi Dokumen-dokumen Resmi tersebut.🙂

 

Hingga akhirnya aku berkesimpulan bahwa kita benar-benar terjebak dalam sistem….

Karena kebohongan itu adalah hal biasa..

Karena korupsi itu adalah hal biasa…

Karena kejujuran bisa menyebabkan kita di-alienisasi…

Karena memang para pemimpin juga seperti itu dan terus mengakar di kebudayaan kita…

 

Duh Indonesiaku yang malang..!!!

 

About sefudien
Ordinary, A Hardthinker, Pokonya add ja fb nya di alet_ahmed@yahoo.com

Leave a Reply

