Hari lahir

Saat pertama kali, yang namanya Ahmad Saifudin itu dilahirkan pada tanggal 10 Agustus 1989 / 7 Muharram 1410. Tapi, kenapa ya?? di akte kelahiran malah tertulis:

29 September 1989

Hmm.. gatau deh salah siapa. Kata ibuku, itu karena pada saat pencatatan sipil, petugasnya salah nulis. Sampai sekarang mau ga mau aku harus menuruti kemauan pemerintah. 29 Sept 89 adalah hari lahirku yang resmi ada dalam Akte Catatan Sipil dengan nama Ahmad Saipudin.

Aku baru sadar kesalahan pencatatan ini pada saat ibuku memberitahuku tentang asal usul hari lahirku saat Aku sekolah SMU. Pada saat itu tahun 1989, kata ibuku, saat merayakan Hari Raya Idul Adha adalah genap 9 bulan kehamilan ibuku mengandung Aku. Dia lalu melanjutkan, setelah beberapa hari, lahirlah Aku. Beliau ingat betul, waktu itu hari Kamis. Nah, karena pada zaman ibuku itu, Akte Kelahiran belum terlalu penting, maka ibuku tidak segera mendaftarkan Aku ke Pencatatan Sipil. Pada saat petugas Pencatatan Sipil menanyakan tentang tanggal tepatnya Aku dilahirkan, ibuku menyebutkan bahwa beliau ingat pas hari Kamis tapi lupa tanggalnya. Ya sudah sampai sekarang Aku lahir pada tanggal 29 Sept 1989.

Aku pun mengawali kisah hidupku dengan tanggal ini. Ada beberapa orang yang tahu bahwa tanggal lahirku itu salah, tapi lebih banyak yang tidak tahu daripada yang tahu. Walau begitu, Aku bersyukur dengan apa yang ada. Aku tahu semua itu karena khilaf seorang petugas Pencatatan Sipil, Aku relakan saja.

Untungnya, dengan tanggal ini, Aku lebih mudah dikenal. Yaitu lebih mudah mengingatnya dan gampang mengucapkannya. 29-9-89. Itu sesuatu yang bisa Aku banggakan. Tanggal lahirku berakhiran dengan digit no 9. Keberuntungan. hehehee….

Sebenarnya Aku ga terlalu percaya. Tapi toh, semua orang yang mengira begitu. Jika Aku mengatakan pertama kali tanggal lahirku kepada orang yang baru kukenal, mereka pasti terkejut. Ini tanggal keberuntungan. Katanya.

Who knows…???

About sefudien
Ordinary, A Hardthinker, Pokonya add ja fb nya di alet_ahmed@yahoo.com

Leave a Reply

